Pages

    Sunday, April 11, 2010

    Facebook VS Koprol. Adilkah?


    Ternyata mau tidak mau, Facebook tergelitik juga oleh kehadiran dan kepiawaian Foursquare dan Gowalla. Hal ini dibuktikan dengan akan diadakannya Facebook developer conference (f8) ada 21 April 2010. Topik pembahasannya adalah bahwa Facebook akan meluncurkan fitur yang mirip dengan kedua situs Location-based Social Media ini. Hanya saja, kita memiliki pilihan untuk hanya bisa membagikan informasi kita secara terbatas, yaitu kepada circle of friends kita atau orang-orang yang kita percayai untuk dapat saling menghargai dan tidak pelit informasi.

    Kalau mau kita persempit, Foursquare - yang diasumsikan akan menjadi the next Twitter di tahun 2010 ini - merupakan situs social media yang saat ini sedang naik daun. Menurut saya pribadi, Foursquare memang potensial, tapi masih membutuhkan banyak perkembangan fitur yang menekankan pada sharing activity, karena it is what social media is all about. Per 11 Maret 2010, pengguna Foursquare sudah menembus angka 500.000 member. Sedangkan Gowalla sekitar 100.00o-an lebih. Saya mendapatkan data tersebut dari sini. Kita tidak usah membahas membernya Facebook lah ya :D Populasi Facebook di dunia saja sudah mau menyamai populasi penduduk Amerika Serikat.

    Nah..sekarang kita go local. Mungkin teman-teman masih banyak yang belum familiar dengan situs social media lokal yang satu ini. Namanya adalah Koprol. Fitur-fitur yang ditawarkan sudah cukup OK menurut saya, walau tentu saja pengembangan produk tetap saya nanti-nantikan. Koprol, secara konsep, mirip seperti gabungan antara Twitter dan Foursquare (mungkin Gowalla juga, karena saya tidak 'mainan' Gowalla). Tapi yang Koprol tawarkan memang cenderung lebih mirip ke Foursquare. Jumlah member di Koprol sekarang sudah mencapai +30.000 member, semenjak Juli 2008. Good job, Koprol! ;)

    Dengan informasi bahwa Facebook akan meluncurkan fitur serupa, cukup banyak rekan-rekan blogger atau media online yang membahas tentang terancamnya Koprol, seperti yang saya baca di Citywebindo.com. Saya kurang ingat alamat situs rekan-rekan blogger lainnya yang membahas topik serupa.

    Kalau boleh jujur, menurut saya sedikit kurang adil jika kita membandingkan antara situs multinasional dengan situs lokal. Jelas multinasional yang memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan pengunjung dan/atau member sebanyak-banyaknya. Tapi kasus ini sangat menarik, karena justru dengan posisi Koprol sebagai situs social media lokal, banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan dari hanya sekedar situs pertemanan dan information-sharing ini. Locally, of course..

    So? What can Koprol do?
    CONSUMER ENGAGEMENT
    adalah salah satu kata kunci dari saya.

    Online (enhancement)
    Kita juga bisa lihat bahwa makin banyak situs-situs lokal yang sangat berpotensial untuk berkontribusi kepada negaranya sendiri, seperti juale.com, plasa.com, deathrockstar.info, kaskus.us, dan masih banyak situs-situs lokal berjaya lainnya. Dengan membangun relasi kemitraan dengan situs-situs serupa, saya yakin member pun akan merasa dihargai keinginannya dalam mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari hanya satu tempat saja. Masing-masing situs memiliki kepentingan, tentunya. Tinggal menemukan jalan tengah dan voila, you are enhancing the market, online-ly.

    Offline (participation)
    Apakah cukup di situ? Wait a minute. Siapa bilang orang-orang yang bertemu secara online tidak juga ingin bertemu di dunia nyata? Banyak sekali orang dipertemukan secara online sekarang ini. Tentu saja kita bicara tentang pertemuan yang baik-baik dan maksud yang baik-baik ya. Hehehe.. Sekedar kenalan, memperluas networking, transaksi penjual-pembeli, dan niat-niat lainnya. Nah! Wadah offline semacam ini juga diperlukan sebagai kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Koprol. Misalnya: Koprol 3 on 3 Basketball Competition, dimana ada perlakuan khusus bagi member yang bisa membuktikan Koprol membership mereka. Exciting, isn't it?!

    Sebagai penutup dari saya,"Jangan pernah membatasi, apalagi meremehkan kreativitas dan inovasi dari masyarakat kita sendiri dan jangan merasa rendah diri. Dengan memperluas jaringan pertemanan dan wawasan, niscaya kesempatan yang ada pun tidak akan tersia-siakan."

    5 comments:

    Andy Zheng said...

    hmm menurut g positioning fb dan koprol beda, kenapa harus ikut2an, masing2 punya point + sendiri... g takutnya klo terlalu banyak perubahan malah yang tadi setia sama fb jadi kabur, krna dgn banyaknya fitrur baru jadi tambah berat lagi fb huhuhu

    Widy said...

    That is exactly my point.
    Koprol will never beat Facebook. We know that crystal clear :)So why bother?

    And about FB,the possibility is there but I agree with u. Yang sudah punya foursquare,blum tentu mau terima Facebook Location. Iya pun belum tentu aktif. As I said, the possibility is there.

    But for Koprol, they have their things goin' on and I say stick with it. Koprol have the chance to be big (or even biggest) in its own country.

    nitnot said...

    nice post,,
    gara2 baca ini gw jd penasaran & nyobain Foursquare + Gowalla..
    dan setelah nyoba.. teteplah, yg lokal yang lbh enak dipake.. koprol masih juara dr pd Foursquare.

    Widy said...

    Thank you, Nit Not :)

    Widy said...

    News Flash (rada telat juga sih): Yahoo acquired Koprol.com http://blog.koprol.com/2010/05/yahoo-2/

    Berharap Koprol lebih cepat dirapikan dan siap untuk menjadi raja di negeri sendiri (dulu)

    Post a Comment